Sabtu, 23 Januari 2010

Manfaat Rahasia Cokelat Bagi Tubuh


Siapa yang tidak kenal cokelat. Setiap orang pasti suka terhadap panganan yang satu ini. Karena rasanya yang manis bisa membuat kita ketagihan akan rasanya. Di balik rasa yang manisnya, masyarakat banyak yang menganggap bahwa mengkonsumsi cokelat kurang baik bagi kesehatan, karena ini dapat menyebabkan berat badan semakin bertambah karena kadar gula yang tinggi. Tetapi sebenarnya di dalam cokelat terdapat manfaat yang berkhasiat bagi tubuh kita.
Coklat, di dalam cocoa-nya ternyata penuh mengandung antioksidan potensial yang disebut phenols, kandungan yang sama yang ditemukan di dalam anggur. Satu setengah ons batang coklat memiliki kekuatan oksidan yang sama dengan 5 ons gelas anggur merah. Dan bertentangan dengan kepercayaan kebanyakan orang, coklat hanya memiliki kandungan yang amat sedikit dari kafein. Tetapi sebenarnya sepertiga lemak dari coklat adalah lemak dengan kolesterol bersahabat yang dinamakan stearic acid, dan sepertiga lagi adalah lemak tak jenuh yang dinamakan oleic acid. Didalam coklat juga terkandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan dalam segi psikis manusia. Bukan hanya itu, jika Anda gemar mengkonsumsi cokelat, Anda akan merasakan rileks.

Suatu studi epidemiologis telah dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard. Dengan menggunakan metode frekuensi makanan yang dikonsumsi, studi tersebut berhasil dikumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard. Dengan mengontrol aktivitas fisik yang dilakukan, kebiasaan merokok, dan kebiasaan makan ditemukan bahwa mereka yang suka makan permen/coklat umurnya lebih lama satu tahun dibandingkan bukan pemakan. Diduga antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa mereka bisa berusia lebih panjang.

Tetapi bagaimana dengan fakta yang menyebutkan bahwa cokelat dapat merusak gigi dan menambah berat badan. Kerusakan gigi dan menambahnya berat badan bukan di karena kan cokelat,tetapi karena orang tersebut tidak dapat mengontrol aktivitasnya dengan seimbang dengan apa yang mereka konsumsi. Jadi jika ingin menikmati cokelat tanpa resiko kegendutan, maka imbangilah konsumsi cokelat anda dengan aktivitas yang seimbang.

0 komentar:

Posting Komentar

Setelah baca ada baiknya memberi tanggapan:D