Sabtu, 23 Januari 2010

Proses Pembuatan Kakao Menjadi Cokelat


Cokelat berasal dari buah kakao. Buah tersebut jika dirasakan biasa saja tidak manis seperti cokelat. Tetapi bagaimana caranya buah yang rasanya seperti itu dapat berubah menjadi cokelat yang di sukai banyak orang di dunia?
Mengubah biji kakao menjadi coklat membutuhkan usaha, waktu, dan seni. Biji kakao dipilih yang baik dan layak, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Setelah terpilih, biji kakao akan melalui serangkaian proses,
  • Proses pertama yaitu memanggang biji kakao tersebut. Kunci untuk rasa cokelat yang baik adalah dipanggang. Di panggang dalam oven yang bersuhu lebih dari 250 F selama 30 menit sampai 2 jam.

  • Memecah dan memisahkan kakao. Setelah proses pemanggangan dan kokoa mendingin,kulit kokoa akan rapuh, selanjutnya mesin penggiling bekerja untuk mengupas kulit dan mengambil benihnya. Sisa benih yang rusak disebut nibs, melalui serangkaian proses lainnya.
  • Menghancurkan nibs. Nibs terdiri dari 53% cocoa butter dan 47% padatan murni kakao. Untuk menghancurkan nya dibutuhkan cakram baja yang berat. Proses penghancuran nibs ini menimbulkan gesekan panas untuk mencairkan nibs menjadi kental yang di sebut cokelat cair.
  • Menekan cokelat cair. cairan cokelat di-pres/ditekan dengan alat berat untuk menghasilkan kakao mentega. kakao mentega berupa lemak/zat kuning, yang digunakan sebagai dasar cokelat putih, atau kosmetik ddan obat-obatan. Setelah mentega kakao di ekstrak, sisa padatan kakao ditumbuk menjadi kokoa bubuk.
  • Mencampur cokelat cair. Tahap selanjutnya adalah mencampur air dengan susu, gula, dan ekstrak mentega cocoa untuk dibentuk cokelat. Kemudian campuran tersebut dibiarkan hingga menjadi padatan cokelat.
  • Memecah padatan cokelat. Campuran padatan cokelat melalui serangkaian rol baja di tumpuk diatas satu sama lain. Ini akan memecah partikel kecil susu, cokelat, dan gula. Produsen harus hati-hati dalam menghancurkan campuran tersebut, jika tidak sesuai maka cokelat akan menjadi kasar atau menjadi pucat.
  • Selanjutnya cokelat yang halus dituangkan kedalam tong yang besar dan kemudian diaduk nya agar menjadi lebih halus, kemudian di dingin kan berulang ulang untuk memberikan permukaan yang berkilau cokelat, dan menjamin akan menacair dengan benar.
  • Pembentukan. cokelat yang dingin tadi di cairkan kemudian dapat dibuat menjadi permen kue, dan es krim atau cokelat batangan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Setelah baca ada baiknya memberi tanggapan:D